Pengertian dan Ciri-ciri Protozoa serta Macam-macam Jenis Contoh Protozoa

Berikut ini adalah pembahasan tentang protozoa yang meliputi pengertian protozoa, contoh protozoa, macam macam protozoa, bentuk bentuk protozoa, jenis jenis protozoa, ciri ciri protozoa, definisi protozoa, peranan protozoa, kelas protozoa, filum protozoa, contoh hewan protozoa.

Pengertian Protozoa

Apakah yang dimaksud dengan protozoa?
Protozoa adalah kelompok beragam organisme hewan-seperti bersel tunggal milik kerajaan Protista. Lebih dari 50.000 jenis protozoa telah dijelaskan. Nama mereka berasal dari dua kata Yunani, protos, atau "pertama," dan Zoon, atau "hewan.

Ciri-ciri Protozoa

Protozoa merupakan mikroorganisme yang mempunyai ciri-ciri seperti hewan, yaitu dapat bergerak bebas dan tidak mempunyai klorofil. Protozoa mempunyai alat gerak berupa kaki semu, silia (rambut getar), dan flagela (rambut cambuk), sehingga Protozoa dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan alat geraknya yaitu Rhizopoda, Flagelata, Ciliata, dan Sporozoa.

Macam-macam Contoh Protozoa

Perhatikan beberapa contoh Protozoa berikut ini.
  1. Amoeba proteus (Rhizopoda), bergerak dengan menjulurkan sebagian protoplasma membentuk kaki semu atau pseudopodia.
  2. Trypanosoma gambiense (Flagellata), penyebab penyakit tidur di daerah Afrika. Bergerak dengan flagela atau rambut cambuk.
  3. Paramecium caudatum (Ciliata), bergerak dengan menggunakan silia atau rambut getar.
  4. Balantidium coli (Ciliata), penyebab penyakit diare berdarah pada manusia.
  5. Plasmodium sp. (Sporozoa) menyebabkan penyakit malaria pada manusia. Contohnya Plasmodium malaria penyebab malaria kuartana, Plasmodium vivax penyebab malaria tersiana takganas, dan Plasmodium falciparum penyebab malaria tersiana ganas. Plasmodium tidak mempunyai alat gerak aktif, tetapi dapat berpindah tempat dengan mengikuti aliran darah.

Baca juga: Contoh Ganggang Hijau-Biru
loading...

0 Response to "Pengertian dan Ciri-ciri Protozoa serta Macam-macam Jenis Contoh Protozoa"

Post a Comment