Loading...

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 (Lima) Kingdom

Berikut merupakan pembahasan tentang sistem klasifikasi lima kingdom, sistem klasifikasi 5 kingdom, klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom.

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

Pencetus klasifikasi sistem lima kingdom adalah Robert H. Whittaker, seorang ahli biologi Amerika Serikat pada tahun 1969. Dalam klasifikasi ini Whittaker mengelompokkan makhluk hidup dalam Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Kingdom baru yang ditambahkan, yaitu Protista meliputi berbagai jenis makhluk hidup uniseluler maupun multiseluler yang menyerupai jamur, tumbuhan, dan hewan namun tidak dapat dikelompokkan ke dalam Kingdom Fungi, Plantae, dan Animalia.
Sistem klasifikasi lima kingdom yang diusulkan oleh Whittaker.
Gambar: Sistem klasifikasi lima kingdom yang diusulkan oleh Whittaker.

Untuk memahaminya, pelajarilah uraian berikut ini.

a. Kingdom Monera

Kingdom Monera meliputi berbagai jenis bakteri dan ganggang hijau-biru. Ciri khas kingdom ini adalah selnya tidak memiliki membran inti sehingga disebut organisme prokariotik.

b. Kingdom Protista

Kingdom Protista meliputi berbagai jenis makhluk hidup yang mempunyai sel eukariotik (mempunyai inti sel yang diselubungi membran inti). Makhluk hidup yang termasuk dalam kingdom ini adalah Protozoa dan ganggang selain ganggang biru.

c. Kingdom Fungi

Kingdom Fungi meliputi berbagai jamur yang mempunyai ciri-ciri tidak berklorofil, selnya eukariotik, berdinding sel dari zat kitin, dan semua bersifat heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri).

Baca selengkapnya: Macam-macam Contoh Jamur (Fungi)

d. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae meliputi berbagai jenis tumbuhan yaitu lumut, paku, dan tumbuhan biji. Ciri khas plantae adalah mempunyai klorofil, eukariotik, selnya berdinding dari selulosa, tidak mempunyai alat gerak aktif, dan tumbuh hampir tak terbatas.

Baca juga: Macam-macam Jenis Kingdom Plantae beserta Contohnya Lengkap

e. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia meliputi berbagai jenis hewan. Ciri khas hewan adalah tidak mempunyai klorofil, mempunyai alat gerak aktif, eukariotik, dan bersel banyak. Kingdom Animalia dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan ada atau tidak adanya tulang belakang (vertebrae).

Baca juga: Macam-macam Jenis Kingdom Animalia beserta Contohnya Lengkap

Baca juga: Ciri-ciri Kingdom Fungi
Loading...

0 Response to "Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 (Lima) Kingdom"

Post a Comment