Buku Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri Teknologi Terapan

Buku Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri Teknologi Terapan

Buku Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri Teknologi Terapan - Buku Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri / Teknologi Terapan buku ini disusun berdasarkan kajian hasil penelitian tentang Kebutuhan Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri/Teknologi Terapan, yang telah dilakukan di 8 provinsi, yaitu: DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan.

Sampel SMK dipilih berdasarkan kompetensi keahlian yang di SMK yang meliputi: 1) Teknik Pemesinan, 2) Teknik Kendaraan Ringan, 3) Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, 4) Nautika Kapal Niaga, 5) Kecantikan Kulit dan Rambut, 6) Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, dan 7) Teknik Komputer dan Jaringan.

Berdasarkan masukan dari FGD dengan para praktisi (Du/Di, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Humas, serta Guru Produktif). Buku ini menawarkan usulan model untuk mengoptimalkan kompetensi lulusan SMK dalam industri/teknologi terapan. untuk mendapatkan lulusan SMK yang siap pakai, perlu dilakukan kerjasama antara SMK dengan dunia usaha/dunia industri dengan tujuan untuk mempercepat waktu penyesuaian bagi lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja / dunia industri dengan tujuan untuk mempercepat waktu penyesuaian bagi lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja dan pada akhirnya juga akan meningkatkan mutu SMK.

Komitmen pada revitalisasi SMK yang dicanangkan pemerintah harus dijadikan momentum untuk membuat pendidikan vokasi khususnya di SMK akan mampu menjawab kebutuhan akan tenaga kerja
terdidik dan terampil di tingkat menengah yang berkualitas. Namun, dari data BPS per Agustus 2017
menunjukkan bahwa tingkat pengangguran terbuka (TPT) lulusan SMK tergolong sangat tinggi.

Kondisi ini menempatkan pendidikan SMK pada pertama penyumbang pengangguran terbuka
berdasarkan jenjang pendidikan disusul SMA di urutan ke dua dan Diploma diurutan ke tiga. Fenomena ini tentunya sangat bertolak belakang dengan fungsi dan tujuan diselenggarakannya pendidikan kejuruan (SMK) di Indonesia, dimana lulusan SMK seharusnya siap pakai di dunia kerja.

Untuk ,mengetahui lebih lanjut silahkan download Buku Pedoman Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri Teknologi Terapan di bawah ini :
  • Buku OKL SMK Dalam Industri Teknologi Terapan.pdf, unduh
Semoga Buku Optimalisasi Kompetensi Lulusan SMK Dalam Industri / Teknologi Terapan ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan oleh seluruh instansi terkait, baik negeri maupun swasta sehingga mampu mengoptimalkan kompetensi lulusan SMK dalam industri/teknologi terapan. Terimakasih telah berkunjung di duniapendidikan.net
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar