Juknis - Juklak NSDC SMA Tahun 2019

Juknis - Juklak NSDC SMA Tahun 2019

Juknis - Juklak NSDC Tahun 2019 - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Pedoman Kegiatan National Schools Debating Chanmpionship (NSDC) SMA Tahun 2019. Di era Globalisasi ini bukan hanya mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunkasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak dapat dikesampingkan lagi.

Juklak/Juknis NSDC SMA Tahun 2019 ini Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi dengan mewadahi siswa, dalam hal ini siswa SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain adalah dengan melaksanakan kegiatan Lomba Debat Bahasa Inggris atau National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Nasional.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan NSDC ini pada tanggal 13-18 Agustus 2019, di Provinsi Kalimantan Selatan, Bertujuan untuk melatih siswa SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi. Panduan Kegiatan NSDC 2019 secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan bahasa inggris yang baik serta dapat menjadi modal yang baik dalam berkompetisi dalam persaingan yang semakin global.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping. Pelaksanaan NSDC tingkat Nasional memiliki kategorisasi tim berdasarkan pada hasil yang diraih tim Provinsi tersebut di NSDC tingkat Nasional dari tahun 2016-2018. Kategorisasi tim untuk NSDC tahun 2019 bisa dilihat pada konstitusi NSDC terlampir.

Adapun Persyaratan Peserta NSDC SMA Tahun 2019 sebagai berikut :

  1. Peserta NSDC adalah Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia.
  2. Satu tim harus terdiri atas tiga debaters dan satu N1 adjudicator.
  3. Debater adalah siswa aktif Sekolah Menengah Atas, MA, swasta atau negeri yang dibuktikan dengan Kartu Pelajar/Surat Tugas.
  4. N1 Adjudicator adalah guru tetap dari Provinsi asal pendebat.
  5. Debater wajib mengikuti Seminar on Debating.
  6. N1 adjudicator wajib mengikuti Seminar on Adjudicating, Adjudicator Accreditation dan mengikuti proses penjurian/adjudication selama lomba. Apabila Juri N1 tidak mengikuti kegiatan yang dimaksud, maka tim Provinsi dari guru yang bersangkutan hanya diperbolehkan bertanding di babak penyisihan.
  7. Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apapun selama perlombaan.
Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan download Juknis/Panduan NSDC SMA Tahun 2019 di bawah ini :
  • Juknis - Juklak NSDC SMA Tahun 2019.pdf, unduh
Demikian Pedoman-Panduan Kegiatan NSDC SMA Tahun 2019 yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di DUNIAPENDIDIKAN.NET
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar