JUKNIS SNPDB MANIC-MANPK-MAKN Tahun Ajaran 2021/2022.

JUKNIS SNPDB MANIC-MANPK-MAKN Tahun Ajaran 2021/2022.

Juknis PPDB Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 - Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 7291Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahu Pelajran 2021/2022.

Dalam rangka pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Raudhatul Athtfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022, Kementerian Agama Propinsi dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk memberikan dukungan terhadap keberhasilan penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di masing-masing propinsi.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Iimu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

Kementerian Agama terus menggalakkan program diversifikasi madrasah aliyah. Selain MAN reguler, MAN Insan Cendekia, dan MAN Program Keagamaan yang telah disebutkan sebelumnya, Kementerian Agama juga membuka Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri yang fokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah.

Dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri, maka Kementerian Agama menerapkan Sistem Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MAN Kejuruan (SNPDB MANIC-MANPK-MAKN). SNPDB MANIC-MANPK-MAKN ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan,
sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama. 

SNPDB MANIC-MANPK-MAKN Tahun Pelajaran 2021/2022 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan_ verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian, serta tes akademik yang meliputi bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Adapun tujuan dari SNPDB MANIC-MANPK-MAKN Tahun Pelajaran 2021/2022 ini sebagai berikut :
  1. memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri.
  2. memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Program  Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.
Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru dan sobat duniapendidikan.net yang belum memiliki Surat Edaran Nomor : B-3143/DJ.1/Set.I/HM.01/12/2020 Tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Raudhatul Athtfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022 ilakan men-downloadnya melalui tautan link yang sudah saya sematkan di bawah ini :
  • SE dan Juknis SNPDB Tahun Pelajaran 2021-2022.pdf  unduh
Demikian Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 7291Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Khusus Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahu Pelajran 2021/2022 yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat, Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19, Terimakasih telah berkunjung di duniapendidikan.net
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar