Rincian Minggu Efektif Semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021

Rincian Minggu Efektif Semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021

Rincian Minggu Efektif SD,SMP,SMA Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 -
Rincian Minggu Efektif disusun sebagai pedoman waktu guru merencanakan pembelajaran selama satu semester. Rincian Minggu efektif meliputi jumlah minggu dalam kegiatan pembelajaran tiap semester sesuai dengan ketentuan kalender pendidikan.

Minggu efektif adalah hitungan hari-hari efektif pada tahun pelajaran berlangsung. Perhitungan hari-hari efektif tersebut dengan memperhatikan adanya hari tidak efektif, karena hari libur Nasional.
Dengan demikian Rincian Minggu Efektif berperan penting dalam sebuah perencanaan pembelajaran, khususnya dalam menyusun program tahunan / prota dan program semester / promes.

Minggu efektif untuk tiap semester selalu berubah-ubah sesuai kalender tahun berjalan. Ketentuan di dalam menghitung rincian minggu efektif adalah jika dalam satu minggu tersebut terdapat minimal tiga hari efektif, maka akan dihitung sebagai satu minggu efektif. Sebaliknya jika dalam satu minggu kurang dari tiga hari efektif, tidak akan dihitung sebagai minggu efektif.
  • Berikut adalah beberapa manfaat dari penyusunan rincian minggu efektif sebagai pedoman guru untuk distribusi alokasi waktu pada penyusunan program tahunan/prota dan program semester/promes).
  • Menentukan hari-hari yang tidak efektif dalam satu pekan.
  • Memudahkan guru menyusun standar kompetensi dan kompetensi dasar
  • Membantu memudahkan guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  • Sebagai acuan waktu dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas
Format Rincian Minggu Efektif pada dasarnya terdiri dari tiga bagian yaitu identitas mata pelajaran, perhitungan alokasi waktu, dan distribusi alokasi waktu.
  • Silahkan Download Rincian Minggu Semester 2 Tahun Ajaran 2020/2021 Efektif. ms.word,disini
Manfaat Rincian Minggu Efektif sangat diperlukan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, karena menjadi penentu awal pembuatan program tahunan/prota dan program semester/promes. Terimaksih telah berkunjung di duniapendidikan.net.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar