Buku Panduan dan Silabus OSN SMA Tahun 2018

Buku Panduan dan Silabus OSN SMA Tahun 2018 - Halo soba uuPendidikan, pada kesempatan ini saya akan berbagi Panduan beserta Silabus OSN SMA Tahun 2018 yang tentunya bisa anda unduh secara gratis.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. OSN  meliputi 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu bidang Matematika, Fisika,
Kimia,  Informatika/Komputer,  Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

OSN diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sains sekaligus upaya untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air.

Melalui lomba OSN diharapkan potensi dan bakat kecerdasan kognitif siswa di bidang sains dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan kita peroleh calon-calon terbaik untuk kita ikut sertakan dalam olimpiade sains internasional.

Panduan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2018) ini dapat digunakan sebagai acuan bagi panitia Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK), Olimpiade Sains Provinsi (OSP), Olimpiade Sains Nasional (OSN), sekolah, guru, siswa dan bagi semua pemangku kepentingan dalam mengikuti dan melaksanakan seleksi dengan sebaik-baiknya.

Bidang sains yang dilombakan pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional Tahun 2018:
1.   Matematika
2.   Fisika
3.   Kimia
4.   Informatika/Komputer
5.   Biologi
6.   Astronomi
7.   Ekonomi
8.   Kebumian
9.   Geografi

Ketentuan pelaksanaan Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK), Olimpiade Sains Provinsi (OSP), dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018:

A. Olimpiade Sains Kabupaten/Kota (OSK)

  1. Peserta OSK adalah siswa kelas IX sampai kelas XI , dan siswa kelas VIII dengan syarat yang telah ditentukan oleh masing-masing Bidang Sains.
  2. Setiap sekolah boleh mengirimkan siswa terbaik hasil OSS dengan jumlah maksimal  peserta  tiap bidang sains  per sekolah, yang jumlahnya diatur dan ditentukan oleh masing-masing  Dinas Pendidikan Provinsi.
  3. Pelaksanaan OSK dilakukan dalam waktu yang bersamaan secara nasional.
  4. Hasil OSK dipublikasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
  5. Pelaksanaan OSK menggunakan soal yang disusun oleh Tim Pembina OSN yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan SMA.
  6. Penilaian OSK dilakukan oleh Tim Juri OSK yang dapat melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), perguruan tinggi, atau tenaga ahli yang kompeten yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
Selengkapanya, bagi sekolah yang belum memiliki Buku Panduan dan Silabus OSN jenjang SMA Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Panduan OSN SMA 2018, Unduh
Silabus OSN SMA 2018, Unduh

Demikian Buku Panduan dan Silabus OSN jenjang SMA Tahun 2018 yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar