Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Terbaru

Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Terbaru

Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Terbaru - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah berusaha meningkatkan mutu Pendidikan. Hal ini sesuai dengan kritikan bahwa mutu pendidikan di Indonesia dianggap belum berkembang maksimal, termasuk khususnya Pendidikan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

Berbagai usaha telah dilakukan Kemendikbud untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan menengah, khususnya SMK, Maka pada kali ini melaui DPSMK dengan membuat Kajian Pengembangan Fasilitas SMK, khususnya SMK Teknologi dan Rekayasa. Pembuatan Kajian ini diharapkan menghasilkan suatu Model Fasilitas SMK Teknologi dan Rekayasa, yang dapat menjadi contoh/panduan bagi sekolah-sekolah dalam mengembangkan lembaganya.

Pada Kajian ini kami mengembangkan Fasilitas SMK Teknologi dan Rekayasa, Dengan cara memotret kondisi Existing SMK di Indonesia dan sekaligus membuat model SMK yang kami rancang, Model SMK Teknologi dan Rekayasa ini dalam rangka menyongsong Perkembangan Industri 4.0. Buku ini lebih banyak memberikan model fasilitas sekolah (Kelas, Perpustakaan, Ruang Fasum, Kantin, Taman dan  lainnya). Semua desain/model sifatnya adalah kondisi ideal yang kami rancang, untuk memenuhi tuntutan Perkembangan Sekolah di Era Industri 4.0.

Pendidikan merupakan ujung tombak dari majunya suatu Negara, Dengan Pendidikan maka sumber daya manusianya akan semakin berkembang. Negara yang ingin masyarakatnya berkembang harus mampu meningkatkan kualitas Pendidikan di Negara-nya. Sedemikian pentingnya hingga pendidikan dijadikan acuan majunya kualitas sumber daya manusia (SDM) di suatu  negara. 

Tujuan dan manfaat Urgensi Perencanaan Fasilitas SMK Unggulan Khususnya di Bidang Keahlian Teknologi  dan  Rekayasa  di  Era  Revolusi Industri   4.0 sebagai berikut :
  1. untuk mendukung terlaksananya program-program PSMK dalam menyediakan Ruang Belajar Siswa, Kelas Industri, Teaching Factory dan meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa.
  2. Adanya Era Revolusi Industri 4.0 yang secara tidak langsung berdampak pada lulusan SMK.
  3. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin canggih.
  4. Tuntutan Kurikulum yang semakin berkembang dan sesuai dengan Industri.
  5. Tuntutan Dunia Kerja yang semakin membutuhkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan Perkembangan IPTEK.
  6. Tuntutan Fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan dan Perkembangan Teknologi untuk mencetak tenaga kerja yang handal dan kompeten.
Selengkapnya bagi bapak/ibu dan sobat uupendidikan.blogspot.com yang belum memiliki Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 bisa langsung men-download dengan cara klik tautan di yang sudah saya sediakan di bawah ini :
  • Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0.pdf, unduh
Demikian Desain Pengembangan Fasilitas Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Terbaru yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar