Juknis O2SN SMA Tahun 2019

Juknis O2SN SMA Tahun 2019

Juknis O2SN SMA Tahun 2019 - Pembinaan peserta didik yang komprehensif sebagaimana di amanatkan oleh Ki Hadjar Dewantoro meliputi pembinaan olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga. Pembinaan olah raga menjadi sangat strategis untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan tangguh sebagaimana dimanatkan di dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dengan besarnya manfaat dari olahraga, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyelenggarakan pembinaan secara berkala bagi siswa. Pembinaan itu mulai dilakukan
sejak para siswa berada di jenjang terendah sampai ke tingkat Pedoman Kegiatan O2SN 2019 menjadi 3 tertinggi. Penerapan pembinaan olahraga ini, terwujud dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, ataupun melalui kegiatan ekstra kurikuler di sekolah masing-masing. Para siswa dapat mengembangkan bakat dan minat secara intensif secara terus menerus, hingga akhirnya mereka mampu meraih prestasi mengagumkan, bahkan menembus skala internasional.
Dengan besarnya antusiasme para pelajar di seluruh pelosok Negeri untuk berjuang di bidang olahraga, Direktorat Pembinaan SMA mengganti nama POPSMA menjadi Olimpade Olahrga Siswa Nasional (O2SN). Gelora olimpiade olahraga ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Para juara pertama di O2SN pun disiapkan untuk mengikuti Kompetisi Olahraga Pelajar di Tingkat Internasional.

Di Tahun 2019 ini perhelatan O2SN XII akan kembali diselenggarakan di kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Agar seluruh proses kompetisi olahraga tingkat nasional ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka Direktorat PSMA menyusun Juklak O2SN 2019. Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Olimpiade Siswa Nasional (O2SN) XII Tahun 2019 menjadi referensi bagi Peserta Didik, Guru, Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mengikuti kegiatan O2SN XII ini dengan sebaik-baiknya.

Petunjuk Teknis (Juknis) O2SN SMA Tahun 2019 akan mempertandingkan 5 cabang olahraga yaitu : 
  1. Pencak Silat.
  2. Karate.
  3. Atletik.
  4. Bulu Tangkis.
  5. Renang.
Kita berharap seluruh proses penyelenggaraan O2SN Tahun 2019 ini dapat berjalan dengan baik dari mulai tingkat sekolah sampai ke tingkat nasional. Oleh karena itu, seluruh pihak terkait dapat mengikuti dan menyelenggarakan Juknis O2SN SMA Tahun 2019 sesuai dengan pedoman yang telah disusun ini.

Selengkapnya bagi yang belum mempunyai Petunjuk Teknis Pelaksanaan O2SN Jenjang SMA Tahun 2019 anda dapat men-download pada tautan link yang sudah saya sematkan di bawah ini :

Juknis O2SN SMA Tahun 2019.pdf, unduh

Demikian Petunjuk Pelaksana (Juklak) Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tingkat SMA Tahun 2019 yang dapat duniapendidikan.net bagikan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar